30.4 C
Madiun
Minggu, Maret 3, 2024

Ukur Potensi dan Kompetensi Pegawai, Rutan Ponorogo Gelar Assessment

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Berlangsung di ruang ZI, sembilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Rutan Kelas IIB Ponorogo mengikuti Assessment, Senin (29/1/2024).

Untuk diketahui, Assessment Mutasi Internal Pegawai diselenggarakan oleh Subseksi Pengelolaan Rutan Ponorogo dengan tujuan menjaring data profil prediksi kompetensi pegawai.

Adapun pada Assessment ini terdapat 4 instrumen yakni Prediksi Kompetensi Pegawai, meliputi Tes Kognitif, Tes Nilai, Tes Kepribadian, dan Tes Situasi, yang mengukur 8 Kompetensi Manajerial dan 1 Kompetensi Sosial Kultural.

Kepala Subseksi Pengelolaan Rutan Ponorogo, Suwarno, mengatakan, Assessment diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan pemerintahan khususnya di Rutan Ponorogo yaitu memberikan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Masyarakat agar lebih maksimal.

“Pelaksanaan Assessment kepada Pegawai, dirasa perlu sebagai alat ukur kemampuan, potensi dan komptensi PNS dalam bekerja,” kata Suwarno.

Sebagaimana tertuang dalam PermenPAN-RB Nomor 3 tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara (ASN), secara garis besar Assessment mempunyai tujuan untuk dapat menempatkan PNS ke dalam tempat atau jabatan sesuai kompetensinya, kemudian untuk mempertahankan seseorang yang telah sesuai pada tempatnya, menentukan arah pengembangan kompetensi bagi mereka yang masih belum sesuai dan juga melindungi dari politisasi serta kebijakan yang bertentangan dengan sistem merit.

“ASN akan dapat diketahui bagaimana kemampuan, potensi dan kompetensinya dalam bekerja. Sehingga nantinya setiap ASN harus menjawab tantangan, mampukah memberikan pelayanan kepada stakeholder, masyarakat dan WBP yang membutuhkan layanan dengan lebih baik serta dapat memuaskan Masyarakat secara umum,” tambah Suwarno.

Sementara itu, Karutan Ponorogo, Agus Imam Taufik Kepala Rutan Ponorogo, berharap hasil dari Assessment ini dapat menjadi salah satu bahan pendukung dalam manajemen SDM.

“Hasil dari Assessment ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pendukung dalam manajemen SDM, mencakup pengembangan kompetensi, manajemen talenta, rotasi/mutasi, dan promosi,” ungkap Imam.(NYR)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru