30.4 C
Madiun
Minggu, Maret 3, 2024

Tiga Pegawai Rutan Ponorogo Ikuti Tes Kepemilikan Senjata Api di Polda Jatim

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Tiga pegawai Rutan Ponorogo ikuti psikotes penanggungjawab senjata api di Polda Jawa Timur, Selasa (30/1/2024).

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi petugas dalam menggunakan senjata api.

Untuk diketahui, psikotes untuk Pemegang Senpi adalah sebagai salah satu bentuk antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan senjata api yang diakibatkan terganggunya kemampuan pengendalian emosi.

Ketiga pegawai Rutan Ponorogo yang menghadiri kegiatan tersebut antara lain Yunian Dwi Handoko selaku Staf KPR, Ahmad Fauzi dan Obi Martasuganda selaku Anggota Jaga.

Tes psikologi dilaksanakan secara daring sebagai suatu terobosan dalam rangka mempercepat koreksi dan evaluasi hasil tes. 

Kepala Kesatuan Pengaman Rutan (Ka KPR) Rutan Ponorogo, Gulang Rinanto menjelaskan kegiatan tes psikologi bertujuan untuk mengetahui serta mengukur bagaimana kepribadian personil atau petugas yang bertanggung jawab dalam penggunaan senjata api.

Hasil dari tes psikologi akan diketahui layak atau tidaknya petugas tersebut diberi wewenang memegang senjata api.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengukur tingkat emosional petugas penanggung jawab senjata api”, ucap Gulang Rinanto.

Sehingga dari hasil tes akan diketahui layak atau tidaknya petugas tersebut diberi wewenang sebagai penanggung jawab senjata api.(NYR)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru