31.2 C
Madiun
Sabtu, April 13, 2024

Meriah! Kirab Budaya dan Launching COE 2024 Hiasi Festival Plaza Ndoyo

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Berlangsung di depan kantor baru Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jalan Hasanudin, Festival Plaza Ndoyo pada 26-30 Desember 2023 menjadi penghibur masyarakat saat mengakhiri tahun ini.

Betapa tidak, di agenda itu terdapat aneka pertunjukan seperti budaya temporer maupun kontemporer, kesenian tradisional maupun modern yang berparade seperti Parade Campursari, kirab budaya, sendra tari dan sandosa, parade reog dan jaranan, parade musik dengan Guest Star Belingsatan dari Surabaya, dan masih banyak lagi hiburan lainnya.

Pun acara semakin meriah saat dilaksanakannya kirab budaya yang menandai boyongan kantor Disparbud dari tempat lama ke yang baru pada Rabu (27/12)2023).

Dimana kirab budaya kali ini merupakan upaya Disparbud untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sebagai pelayan di bidang Pasiwisata dan Kebudayaan di Kabupaten Magetan.

Kirab ini adalah sebuah gambaran adat Jawa bagaimana ketika masyarakat dulu pindah rumah,” kata Joko Trihono, Kepala Disparbud Magetan.

Sehingga, sambungnya, nanti apa yang kita harapkan bersama untuk menempati rumah baru (kantor baru) terhindar dari bala, mendapat keberkahan serta dimudahkan dalam melaksanakan tugas.

Usai prosesi kirab budaya, di lokasi yang sama dilanjutkan dengan launching Calendar Of Event (COE) tahun 2024. Dimana pada launching kali ini dilakukan langsung oleh Pj. Bupati Magetan, Hergunadi dengan memukul gong sebanyak 3 kali.

Di dalam COE tersebut setidaknya terdapat 64 event yang bakal digelar pada tahun 2024.

Maka dari itu, Pj. Bupati berharap, masyarakat Magetan proaktif dengan ikut andil menyebarkan informasi tentang event-event tersebut agar kunjungan wisatawan ke Magetan bisa meningkat.

“Event event yang bakal digelar setahun kedepan ini diharapkan juga bisa menjadi pendongkrak investasi di Kabupaten Magetan terutama dari sektor pariwisata,” ungkapnya.

Selain itu juga agar menjadi sarana untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang bisa dirasakan oleh berbagai kalangan seperti UMKM.

Semua upaya Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tersebut mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Sebab, dalam mengakhiri tahun 2023 ini dirinya merasa terhibur dengan suguhan-suguhan itu.

“Untuk hiburan akhir tahun di sini sudah tercukupi. Jadi tidak perlu pergi jauh apalagi ke luar kota,” ujar Setiawan, salah satu warga.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru