30.4 C
Madiun
Minggu, Maret 3, 2024

Nyamuk Aedes Aegypti Bakal Lenyap di Rutan Ponorogo

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Nyamuk Aedes Aegypti adalah hewan yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Apalagi di musim penghujan seperti sekarang, nyamuk tersebut dapat berkembang biak di genangan air.

Menyikapi hal itu, Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan), Agus Imam Taufik dan jajaran bergerak cepat untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Seperti misalnya pada hari ini Jumat (19/1/2024) usai senam pagi, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berkumpul di lapangan untuk mengikuti Sosisalisasi Pencegahan dan Bahaya wabah DBD oleh Petugas Medis Rutan.

Selain pengecekan kamar hunian, sosialisasi dan edukasi perlu diberikan kepada WBP untuk saling menjaga kebersihan lingkungan Rutan dan mewajibkan WBP agar rutin menguras bak mandi.

“Diharapkan WBP dapat membersihkan kamar hunian dan lingkungan sekitar, rutin menguras bak mandi dan membuang sampah pada tempatnya sehingga pengembangbiakan jentik nyamuk tidak terjadi,” ujar imam.

Sementara Petugas Medis Rutan, Lela Maeirta yang didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Gulang Rinanto memaparkan materi tentang tanda gejala, ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti dan tindakan yang dilakukan untuk menangani DBD serta pencegahannya.

“Dilakukannya sosialisasi kesehatan dalam pencegahan demam berdarah dapat memberikan pengetahuan serta mengingatkan kembali kepada WBP untuk kepedulian dalam pencegahan penyakit,” terang Lela.

WBP Rutan Ponorogo pun mengikuti sosialisasi tersebut dengan antusias. Salah satu WBP merasa senang. “Kami senang mendapat sosialisasi ini dan akan selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari nyamuk Aedes Aegypti,” ungkapnya.(red)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru