27.1 C
Madiun
Kamis, Februari 22, 2024

Produk Unggulan Desa Bringinan Bernilai Tinggi Hingga Memikat Bupati

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Desa Bringinan, Kecamatan Jambon memiliki produk unggulan yang bernilai tinggi. Hingga hal itu memikat Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko.

Betapa tidak, saat baksos PKK pada Kamis (21/9/2023) Bupati Sugiri menyempatkan melihat pameran produk tersebut dan mempromosikannya.

“Ayo frend silakan datang ke Bringinan untuk mendapatkan produk-produk ini,” kata Bupati dalam promosinya.

Adapun produk unggulan Desa Bringinan di antaranya bunga telang dan pisang cavendish. Seperti diketahui, kedua produk itu bermanfaat untuk kesehatan. Selain dikonsumsi sendiri juga menjadi ladang usaha warga Bringinan.

Berikutnya adalah ampas tahu. Bagi kebanyakan orang, ampas tahu biasanya hanya dijadikan pakan ternak. Namun di tangan warga Desa Bringinan diolah menjadi keripik. Sehingga yang semula hanya limbah, kini telah memiliki nilai tinggi.

Kemudian bio aktivator sebagai bahan fermentasi pupuk kandang. Dimana produk ini diklaim dapat menggantikan peran pupuk kimia. Dan khusus produk yang satu ini, pengelolaannya dilakukan oleh Universitas Brawijaya Malang sebagai mitra kerjasama.

Kepala Desa Bringinan, Barno, mengatakan, untuk pemasaran dari produk-produk tersebut selama ini dilakukan secara online melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Untuk pemasaran kami lakukan secara online melalui BUMDes,” kata Barno, Kamis (21/9/2023).

Menurut Barno, selain mengutamakan kualitas, harga jual produk asli Bringinan itu dinilai relatif lebih murah dari pasaran.

“Seperti misalnya harga jual bibit pisang cavendish di pasaran sekitar Rp 30 ribuan. Tapi di sini hanya Rp 10 ribu per batang,” kata Barno.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru