24 C
Madiun
Sabtu, Juni 15, 2024

Hindari Ketergantungan Pupuk Kimia, Poktan Desa Gunungsari Berlatih Membuat Bubur California

TEROPONGNUSA.COM | MADIUN – Sebagai upaya tidak ketergantungan terhadap pupuk kimia, Kelompok Tani (Poktan) Desa Gunungsari, Kecamatan Madiun berlatih membuat bubur California, Rabu (20/9/2023).

Bubur California merupakan pestisida rumahan yang dapat dibuat secara mandiri dan tidak tergantung dengan pupuk kimia. Dalam pembuatannya dibimbing langsung oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Madiun.

Ketua Gapoktan Desa Gunungsari, Sambung Dasi, mengatakan, selain manfaat tersebut, pelatihan juga bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian padi di Desa Gunungsari. Selain itu untuk menambah wawasan bagi petani dalam hal mengatasi kesulitan dalam budidaya tanaman padi.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian BPP Kecamatan Madiun, Gendro, mengatakan, pembuatan bubur California ini dibutuhkan bahan seperti bubuk belerang, kapur gamping dan air.

“Adapun alat yang harus disediakan yaitu drum dari besi, kompor gas, dan pengaduk,” terangnya.

Kemudian, lanjutnya, bahan-bahan itu dicampur dan dimasak dalam air mendidih sambil diaduk sampai warna berubah menjadi kuning kunyit. Setelah itu diendapkan sampai air berubah seperti air teh.

“Bubur itu bisa digunakan maksimal setelah 5 hari, kemudian disemprotkan ke tanaman padi,” jelas Gendro.

Senada dengan itu, Koordinator BPP Madiun, Dian Nirmalasari, berharap bimbingan teknis bagi petani Desa Gunungsari ini nantinya bisa menambah pengetahuan dan keterampilan petani terutama dalam hal mengatasi kesulitan dalam budidaya tanaman padi.

“Dengan adanya pestisida tersebut, petani dapat mengatasi kesulitan dalam hal penanggulangan atau pencegahan hama penyakit di sawah atau budidaya tanaman,” tutupnya.(NYR)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru