22.3 C
Madiun
Minggu, Juli 14, 2024

Pelajar MTsN 2 Madiun Mendadak Jadi Petugas Pemadam Kebakaran

TEROPONGNUSA.COM | MADIUN – Pelajar MTsN 2 Madiun mendadak jadi petugas pemadam kebakaran. Namun itu bukanlah hal sesungguhnya, melainkan hanya latihan memadamkan api bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol dan Damkar) Kabupaten Madiun, pada Selasa (22/8/2023).

Latihan yang berlangsung di lapangan Desa Rejosari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun tersebut dilakukan dengan sekolah madrasah lainnya yakni RA Al-Muslimun, MIN 3 Madiun serta MAN 2 Madiun.

Sebagai permulaan, para peserta latihan diberikan pemaparan materi oleh petugas Damkar yang meliputi pengenalan karakter api, teknik pemadaman dan lain sebagainya.

Usai itu, peserta kemudian diajak praktik langsung memadamkan api, baik menggunakan kain maupun menyemprot dengan air.

Dalam praktik pemadaman ini, para pelajar diajari bagaimana cara yang tepat memegang kain hingga menutupkannya ke api hingga benar-benar padam.

Sementara untuk penyemprotan juga ada caranya, seperti cara memegang selang dan menentukan arah penyemprotan dengan melihat arah angin.

Tawa dan senyum menghiasi wajah para pelajar. Namun ada juga yang raut wajahnya takut saat berhadapan dengan api.

Kepala Sekolah MTsN 2 Madiun, Ummu Nadifah yang sekaligus pemrakarsa kegiatan, mengatakan, tujuan daripada kegiatan kali ini adalah untuk menambah ilmu tentang penanganan api. Mengingat api adalah sesuatu yang harus diwaspadai.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat memahami bahayanya api, sehingga tidak semena-mena atau berbuat sesuatu dengan api,” harap Ummu Nadifah.

Di tempat yang sama, Kasi Pelayanan dan Penanganan Kebakaran, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Madiun, Sumardi, menjelaskan, selain kepada pelajar, pemberian edukasi seperti kali juga sering dilakukan kepada perusahaan maupun pemerintahan desa.

Lebih jauh dirinya berharap kepada masyarakat jika nantinya ada kebakaran agar segera melaporkan ke nomor pelayanan terpadu.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru