31.1 C
Madiun
Jumat, Juni 14, 2024

Kirab Budaya Desa Brumbun Meriah, Peserta Tampil Totalitas

TEROPONGNUSA.COM | MADIUN – Kirab Budaya Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 berlangsung meriah dan ramai, Minggu (20/8/2023) sore.

Kirab Budaya Desa Brumbun tersebut mengambil start di ujung timur hingga barat jalan desa. Adapun pesertanya yakni kelompok perwakilan seluruh Rukun Tetangga (RT) serta perangkat desa.

Setiap kelompok menampilkan potensi masing-masing. Seperti drumband, teatrikal pasukan perang yang menawan tahanan, membawa tumpeng hasil bumi, pencak silat, manusia boneka hingga kendaraan bermotor yang dihias.

Selain itu para peserta juga menampilkan yel-yel sambil menari dengan ciri khasnya masing-masing.

Sukarno, Kepala Desa Brumbun bersama istri menaiki delman kirab budaya.(Foto: DNY/Teropongnusa)

Tidak hanya sekedar kirab saja, namun kegiatan ini juga dilakukan penilaian oleh juri. Dan bagi kelompok yang berhasil meraih juara akan mendapatkan hadiah serta piala bergulir.

Kirab Budaya Desa Brumbun ini mendapat dukungan warga. Hal itu terlihat di sepanjang rute yang dilewati peserta dipenuhi warga yang sengaja ingin menyaksikan, mulai anak-anak hingga lansia.

Kepala Desa Brumbun, Sukarno, mengatakan, kirab budaya telah rutin digelar setiap tahun, namun saat ini adalah yang pertama usai terjadi pandemi.

“Kirab budaya rutin dilaksanakan setiap tahun, tapi untuk hari ini adalah yang pertama setelah pandemi,” kata Kades Sukarno.

Sehingga menurutnya, kirab budaya saat ini menjadi pengobat rindu masyarakat dalam merayakan HUT RI.

Sukarno berharap dengan kirab budaya tersebut dapat menumbuhkan guyub rukun dan kekompakan sesama warga Desa Brumbun.

“Kami berharap keguyuban dan kekompakan warga selalu terjaga, Sehingga Desa Brumbun tetap aman, nyaman dan damai,” tutupnya.

Diketahui, dalam Kirab Budaya Desa Brumbun ini Kades Sukarno bersama istri menaiki delman yang berjalan lebih dulu. Usai tiba di garis finish lalu keduanya menempati tenda kehormatan guna menyaksikan para peserta lainnya melintas.(DNY)  

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru