22.3 C
Madiun
Minggu, Juli 14, 2024

Pemkab Ponorogo Salurkan Bantuan Alsintan ke 120 Penerima

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Pemkab Ponorogo menyalurkan bantuan Alsintan (alat dan mesin pertanian) ke kelompok tani (Poktan) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan), di gudang Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Kecamatan Babadan, Jumat (11/8/2023).

Penyaluran bantuan alsintan kepada 120 penerima itu merupakan upaya Pemkab Ponorogo untuk mendorong mekanisme pertanian. Mengingat pertanian selama ini menjadi sektor prioritas seiring masuknya Ponorogo pada 10 besar penyangga pangan di Jawa Timur.

Sedangkan Alsintan yang disalurkan tersebut meliputi combine harvester besar, hand traktor, cultivator, corn sheller, hand sprayer, bibit tanaman unggul, mesin perajang tembakau, dan motor roda tiga.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan bahwa pertanian menjadi perhatian pertama dalam visi dan misi pembangunan Ponorogo. Apalagi, struktur ekonomi Kabupaten Ponorogo paling besar ditopang oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan.

‘’Penggunaan mesin pertanian merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha tani, meningkatkan mutu dan nilai tambah produk, serta pemberdayaan petani,’’ ungkap Bupati Sugiri Sancoko.

Di samping itu perhatian Pemkab Ponorogo terhadap petani juga diwujudkan dengan pembangunan sumur dalam sebanyak 250 unit hingga 2024 mendatang. Sehingga dampak dari itu akan juga bertambah lahan persawahan sekitar 200 hektar menjadi 35.100 hektar.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru