22.3 C
Madiun
Minggu, Juli 14, 2024

Rutan Ponorogo Rayakan HLUN dengan Pemeriksaan Kesehatan dan Nutrisi untuk Lansia

PONOROGO, TEROPONGNUSA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang jatuh pada tanggal 29 Mei, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo mengadakan serangkaian kegiatan khusus untuk para warga binaan lanjut usia (Lansia). Kegiatan ini diadakan di Ruang Kunjungan Rutan Ponorogo dengan tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”.

Kepala Rutan Ponorogo, Agus Imam Taufik, secara resmi membuka acara tersebut dan menekankan pentingnya perhatian terhadap Lansia di dalam sistem pemasyarakatan. “Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi para Lansia, sesuai dengan program posyandu lansia dari Kementerian Hukum dan HAM RI,” ujar Agus.

Sebanyak 10 warga binaan Lansia di Rutan Ponorogo mendapatkan kesempatan untuk melakukan senam kebugaran dan pemeriksaan kesehatan gratis yang mencakup tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Selain itu, mereka juga menerima extra fooding berupa susu, roti, dan multivitamin untuk mendukung kebutuhan nutrisi mereka.

Petugas Medis Rutan Ponorogo, Lela Meierta, menjelaskan bahwa pemberian makanan tambahan seperti biskuit dengan kandungan gizi tinggi dilakukan seminggu sekali untuk mendukung kondisi fisik dan hormonal Lansia. “Meskipun kami menyediakan makanan tambahan, kami tetap mengutamakan menu makanan gizi seimbang untuk para Lansia,” tutur Lela.

Peringatan HLUN di Rutan Ponorogo ini merupakan bentuk apresiasi negara terhadap kontribusi Lansia dalam mempertahankan kemerdekaan dan pembangunan bangsa, sekaligus menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.(Hum/Red)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru