31.2 C
Madiun
Sabtu, April 13, 2024

WBP Rutan Ponorogo Sholat Tarawih Berjamaah di Bulan Ramadhan

PONOROGO, TEROPONGNUSA.COM – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo mengikuti sholat tarawih berjamaah di Mushola At-Taubah Rutan Ponorogo, Senin (11/4/2024) malam.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan keagamaan yang dilakukan oleh Rutan Ponorogo selama bulan Ramadhan.

Kepala Pelayanan Tahanan Rutan Ponorogo, Azhar Farhani, mengatakan bahwa sholat tarawih wajib diikuti oleh seluruh WBP yang beragama Islam. Ia juga mengajak WBP untuk memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan meningkatkan kualitas iman.

“Sholat tarawih merupakan bagian dari pembinaan keagamaan yang ada di Rutan Ponorogo, jadi kami harap seluruh WBP yang beragama Islam bisa mengikuti. Bulan Ramadhan merupakan momen dimana pintu kebaikan dibuka selebar-lebarnya. Jadi mari kita perbanyak beribadah di bulan Ramadhan”, ujar Azhar Farhani.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengaman Rutan Ponorogo, Gulang Rinanto, juga memberikan wejangan kepada WBP tentang pentingnya menjaga kerukunan dan saling menolong di bulan Ramadhan. Ia berharap WBP dapat menurunkan ego dan melatih hawa nafsu di bulan yang penuh berkah ini.

“Mari kita turunkan ego kita dan melatih hawa nafsu di bulan yang penuh berkah ini. Saling menolong sesama dan tidak menyakiti satu sama lain. Dengan adanya pembinaan di bulan Ramadhan, diharapkan bisa menambah bekal untuk berproses menjadi lebih baik bagi WBP”, kata Gulang Rinanto.

Sholat tarawih berjamaah di Rutan Ponorogo dilaksanakan dengan pembagian per hari dari blok utara dilanjutkan hari berikutnya oleh blok selatan dan seterusnya. Pada hari pertama, WBP tampak antusias mengikuti kegiatan sholat tarawih yang dimulai pukul 19.00 WIB.

Rutan Ponorogo adalah salah satu lembaga pemasyarakatan yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Rutan ini memiliki kapasitas untuk menampung 200 WBP, namun saat ini jumlah WBP yang ditahan mencapai 400 orang.(DNY/Hum)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru