30.4 C
Madiun
Minggu, Maret 3, 2024

Apel Gelar Pasukan, Polres Magetan Siapkan Pengamanan Dua Ribu Lebih TPS

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Polres Magetan mengadakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 di Alun-Alun Magetan, Selasa (6/2/2024).

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana itu ikut dihadiri sejumlah unsur Forkompimda Pemkab Magetan, TNI maupun instansi lainnya.

Dalam amanatnya, Kapolres Magetan menyampaikan bahwa apel ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan peralatan dalam rangka pengamanan pemilu 2024.

Dijelaskannya, pengamanan ini sangat penting untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pesta demokrasi, sehingga berjalan dengan aman dan kondusif.

“Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024,” ujar Kapolres Magetan.

Pada Pemilu tahun ini Polres Magetan beserta pihak terkait akan melaksanakan kegiatan pengamanan di 2.012 TPS yang tersebar di 18 kecamatan dan 235 desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Magetan.

Adapun pola pengamanan yang diterapkan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

“Berdasarkan indeks kerawanan pemilu yang telah dipetakan, wilayah Magetan berkategori kurang rawan. Meskipun demikian, jangan underestimate dan tetap lakukan langkah antisipasi dengan mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin,” tegas Kapolres Magetan.

Mengenai tindak pidana Pemilu, Kapolres Magetan menekankan pentingnya koordinasi antar pilar Sentra Gakkumdu agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pemilu dapat dilakukan secara profesional dan transparan.

Pada kesempatan ini, Kapolres Magetan menekankan beberapa hal kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024:

* Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, dan humanis.

* Pedomani SOP, jaga netralitas dan hindari politik praktis.

* Lakukan patroli secara rutin untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan.

Kapolres Magetan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2024 dan berharap agar semua pihak dapat bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan kondusif.(NYR)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru