25.7 C
Madiun
Kamis, Februari 22, 2024

Ponpes Cokrokertopati 2 Gelar Haul Syuhada Korban Keganasan G30S-PKI

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Haul Syuhada korban keganasan G30S-PKI digelar Ponpes Cokrokertopati 2 di Desa Kerang, Kecamatan Takeran, Sabtu (30/9/2023) malam.

Selain aksi membakar bendera PKI, Haul Syuhada ini juga diisi dengan tahlil, dzikir akbar, pengajian umum, pembentangan bendera merah putih, pembacaan ikrar anti faham komunis hingga ditutup dengan pemutaran film G30S-PKI.

Turut hadir Pj Bupati Magetan, Hergunadi, mantan Bupati Magetan, Suprawoto, Forkopimda Magetan, Forkopimka Takeran, jajaran Pemdes Kerang, tokoh ulama, santri serta masyarakat umum.

Acara pun semakin menarik dengan penampilan para tokoh pesikat dari berbagai perguruan yang ada di Desa Kerang. Bahkan, mantan Bupati Magetan, Suprawoto juga tak ketinggalan untuk menampilkan silatnya.

Pengelola Ponpes Cokrokertopati 2, Muhammad Choirul Anam, mengatakan, Haul Syuhada ini bertujuan untuk mengingat kembali keganasan PKI di masa lalu, sehingga jangan sampai melupakan sejarah.

“Kondisi hari ini sosial media perannya begitu kuat mulai isu PKI bangkit lagi ataupun PKI tidak mungkin bangkit lagi,” ungkapnya.

Maka dari itu pihaknya menyampaikan kepada santri dan masyarakat bahwa negara ini pernah terlukai.

Di sisi lain, menurutnya, dengan berkumpulnya masyarakat seperti kali ini menunjukkan adanya kekompakan Islamiyah.

“Sehingga jika sewaktu-waktu PKI bangkit lagi kita sudah siap,” tandasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Pj Bupati Magetan, Ir. Hergunadi, mengatakan, bahwa Haul Syuhada ini mengingatkan tentang pentingnya pendidikan agama sejak dini agar dapat membendung pengaruh komunis.

“Namun demikian selain itu banyak pengaruh dari luar yang saat ini menghantui anak-anak kita seperti narkoba serta kebudayaan asing,” kata Pj Bupati Hergunadi.

Untuk itu pihaknya menyampaikan terimakasih dengan adanya pendidikan Cokrokertopati tersebut.

“Kita berharap anak-anak sejak dini dibentengi akidah Islam, sehingga masa depan bangsa ini bisa terlindungi,” harapnya.

Bersamaan dengan kegiatan ini juga dilakukan peresmian Ponpes Cokrokertopati 2 yang diwarnai penandatanganan prasasti oleh Pj Bupati Magetan, Hergunadi berikut tamu undangan lainnya.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru