30.5 C
Madiun
Jumat, Juni 14, 2024

Menuju Kabupaten Lengkap, Kantor Pertanahan Ponorogo Optimalisasi Program PTSL

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Untuk mewujudkan Kabupaten Lengkap  di tahun 2025, Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Ponorogo mengoptimalisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Di antara upayanya yaitu dengan menargetkan PTSL Kabupaten Ponorogo pada tahun ini sebanyak 64 ribu bidang dari jumlah Peta Bidang Tanah (PBT) yang telah ditetapkan sebanyak 70 ribu bidang.

Kasubbag Tata Usaha Kantah Ponorogo, Chairul Anwar, menjelaskan target PBT tersebut telah tercapai 100 persen, sedangkan untuk Sertifikat Hak atas Tanah (SHT) sudah mencapai 70 persen.

“Untuk target PBT telah tercapai 100 persen. Sedangkan SHT telah mencapai 70 persen dan telah selesai proses pemberkasan,” terang Chairul, yang juga sebagai Ketua Panitia Ajudikasi PTSL Kantor Pertanahan Ponorogo, Senin (28/8/2023).

Mengingat minimnya kendala, PTSL Kabupaten Ponorogo di tahun ini diharapkan akan membawa perubahan positif bagi pemilik tanah, khususnya bagi yang mengalami kesulitan administratif dalam mengamankan legalitas kepemilikan tanah mereka.

“Untuk kendala hanya terkait hak waris serta belum adanya minat untuk mendaftar,” ujarnya.

Maka dari itu, di samping berkoordinasi dengan instansi terkait pihaknya juga melakukan penyuluhan ulang di desa terutama daerah yang belum mencapai target SHT.  

“Pemkab Ponorogo sangat mendukung upaya ini dengan menggratiskan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan-red),” sambung Chairul.

Dan untuk mencapai Kabupaten Lengkap tersebut, pihaknya berharap paling cepat dicapai pada tahun 2024.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru