22.3 C
Madiun
Minggu, Juli 14, 2024

Menuju Indonesia Emas 2045, Madiun Susun Rencana Pembangunan 20 Tahun ke Depan

MADIUN, TEROPONGNUSA.COM – Pemerintah Kabupaten Madiun menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Pendopo Ronggo Djumeno, Caruban, Kamis (29/2/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Ir. Mohammad Yasin, Pj. Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto, Forkopimda Kabupaten Madiun, kepala OPD, instansi vertikal, dan organisasi kemasyarakatan.

Penjabat (Pj.) Bupati Madiun, Ir. Tontro Pahlawanto, mengatakan rancangan awal RPJPD tersebut Visi Kabupaten Madiun 20 tahun kedepan adalah Kabupaten Madiun Berdaya Saing, Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan.

“Perencanaan adalah sebuah literasi yang harus didesain dengan benar, apa yang kita nikmati adalah sebuah karya dari para pendahulu, dan apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi pedoman bagi generasi yang akan datang,” ujar Pj. Bupati Madiun.

Kabupaten Madiun sendiri merupakan Kabupaten/Kota pertama se-Jawa Timur yang melaksanakan Musrenbang Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2025 – 2045.

Perihal penyusunan RKPD 2025, Pj. Bupati Madiun juga berharap agar lebih cermat serta mampu mengakomodir permasalahan dan tantangan yang dihadapi pembangunan pada tahun 2025, yang mempunyai tema penguatan fondasi transformasi pelayanan dasar.

Sementara itu, dalam penyusunan RPJPD 2025-2045 Kabupaten Madiun, Kepala Bappeda Jatim, Ir. Mohammad Yasin, mengatakan perlu adanya penyelarasan antara program Pemkab Madiun dengan visi pemerintah pusat, yaitu Menuju Indonesia Emas 2045, Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan.

Di samping itu, juga selaras dengan visi Jawa Timur 2045, yaitu Jawa Timur Berdaya Saing Global, Makmur, Sejahtera, Berakhlak, dan Berkelanjutan.

Kepala Bappeda Jatim ini menjelaskan sejumlah sasaran pokok RPJPN dan RPJPD Jawa Timur. Pertama, pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran. Kedua, peningkatan produktivitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) seiring kualitas hidup meningkat. Ketiga, ketimpangan dan kesenjangan antarwilayah dapat diturunkan.

Penyusunan dokumen perencanaan yang menjadi pedoman, arah, dan landasan penyelenggaraan pembangunan daerah untuk periode 20 tahun ke depan itu sebelumnya juga telah melalui tahap konsultasi publik RPJPD Tahun 2025 – 2045 yang dilaksanakan pada 06 Desember 2023.

Sedangkan Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025 dilaksanakan pada 29 Januari 2024. Selain itu juga telah dilaksanakan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan yang dilaksanakan pada 31 Januari – 5 Februari 2024 dan Forum perangkat daerah yang dilaksanakan pada 20 Februari 2024.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru