30.4 C
Madiun
Minggu, Maret 3, 2024

Entaskan Kemiskinan Ekstrim, Pemkab Magetan Rombak RTLH

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Pemkab Magetan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) terus berupaya mengentaskan kemiskinan ekstrim, salah satunya dengan memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH).

Kepala Dinas Perkim Magetan, Sudiro, mengatakan, berdasarkan data dan hasil survey tahun lalu terdapat sekitar 4 ribu rumah tidak layak huni. Dimana sejunlah itu merata hampir di seluruh kecamatan.

Sementara untuk tahun ini telah menyelesaikan hampir 1.400 RTLH dengan sumber dana dari pusat, daerah maupun non pemerintah.

“Ada beberapa pos anggaran, di antaranya dari APBN ada 825 rumah, terus dari dana reguler itu ada sekitar 507 rumah yang dari APBD,” jelasnya.

Sedangkan untuk perbaikan rumah akibat bencana ada sekitar 45 rumah serta beberapa rumah yang diperbaiki dari anggaran non pemerintah seperti dari CSR badan usaha, Baznas hingga komunitas maupun relawan.

Maka dari itu pihaknya berharap perbaikan ini bisa diselesaikan sampai dengan akhir tahun anggaran ini. Agar nanti bisa segera dinikmati oleh masyarakat penerima.

Sementara itu salah satu penerima program RTLH, Suratmin, warga Desa Purworejo, Kecamatan Nguntoronadi, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemkab Magetan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Magetan yang telah memberikan bantuan ini,” ungkapnya, Jumat (15/12/2023).

Dijelaskan Suratmin, bantuan tersebut digunakannya untuk mengganti atap rumah termasuk reng, usuk dan genteng.

“Dulu kalau hujan rumah saya banyak bocornya, tapi sekarang setelah diganti sudah tidak,” pungkas Bapak 61 tahun ini.(DNY)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru