31.1 C
Madiun
Jumat, Juni 14, 2024

Tanami Bunga Telang, Cara Warga Desa Bringinan Manfaatkan Lahan Pekarangan

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Warga Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo mulai menanam bunga telang di pekarangan rumah. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah.

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan, dipilihnya bunga telang karena dinilai berpotensi mendatangkan penghasilan.

Diketahui, bunga telang secara ilmiah dikenal sebagai Clitoria Ternatea. Warna bunga ini biru cerah dan ungu yang khas, kelopak berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu.

Sedangkan manfaat bagi kesehatan di antaranya mengandung antioksidan, mengurangi peradangan, mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung, mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut, membantu mengobati stres, hingga baik untuk kesehatan otak.

Menurut Anik, warga Desa Bringinan, selain mengambil sederet manfaat tersebut, menanam bunga telang di pekarangan rumah dinilainya juga menambah keindahan, apalagi warna bunga telang sangat menarik.

“Bunganya menarik, jadi menanam bunga telang ini secara langsung bisa memperindah rumah,” ungkapnya.

Anik menambahkan, ide awal untuk menanam bunga telang itu didapatkannya dari Kepala Desa (Kades) Bringinan, Barno. Ia menceritakan, bahwa Kades Barno telah memberikan wawasan kepada warga tentang potensi bunga telang dengan menggunakan lahan pekarangan rumah.

“Warga sini diminta Pak Kades Barno untuk menanam bunga telang di pekarangan rumah,” ujar Anik, Sabtu (2/9/2023).

Sementara itu, untuk hasil panen bunga telang dirinya mengaku juga telah diakomodir oleh Kades. Caranya dengan mengumpulkan bunga telang yang telah kering, kemudian setelah mencapai jumlah tertentu akan dibeli oleh Kades Barno.

“Setelah dipetik lalu saya keringkan. Nanti kalau sudah terkumpul banyak akan dibeli Pak Kades,” terangnya.

Di sisi lain, Anik menjelaskan untuk perawatan bunga telang tersebut tidak begitu rumit, melainkan seperti halnya bunga lainnya, disiram hingga diberi pupuk kandang. Dan waktu memanen bunganya bisa dilakukan setiap hari.

“Bunganya ini setiap hari tumbuh, jadi untuk panen bisa dilakukan setiap hari,” jelasnya.

Diketahui, gerakan menanam bunga telang di pekarangan rumah ini mendapat respon positif dari warga Desa Bringinan. Sehingga melalui upaya itu, ke depan diharapkan dapat menambah sumber pendapatan warga.(DNY)  

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru